home teknologi Wilayah Sukawangi Kekurangan Sinyal

Wilayah Sukawangi Kekurangan Sinyal

JONGGOL – Jangankan menikmati internet, untuk berkomunikasi via ponsel pun warga Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, masih kesulitan sinyal. Terbatasnya tower, membuat wilayah ini terpaksa ‘miskin’ sinyal.

“Kami benar-benar kesulitan berkomunikasi. Jangankan internetan, untuk mendapat sinyal HP saja kita harus pergi ke desa tetangga yang membutuhkan waktu empat jam,” kata staf Desa Sukawangi Tedi.
Minimnya jaringan komunikasi di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur itu sangat dirasakannya. Bagaimana tidak, pentingnya sinyal dianggap sama seperti kebutuhan pokok bagi sebagian warga.
Di sini sinyal sudah kayak beras yang harus dicari. Karena kan semua informasi sudah melalui jaringan komunikasi. Apalagi pelayanan desa harus online. Termasuk kalau ada bencana, maka harus diinfokan kepada pemkab. Sedangkan lokasinya sulit dijangkau,” keluhnya.

Lain halnya dengan Dadang . Mantan kades itu menuturkan, saat menjabat warga sudah merelakan hibah lahan untuk tapak tower dan sudah diukur salah satu provider penyedia jaringan. Namun hingga kini tidak ada realisasinya.

“Warga sebenarnya sudah menghibahkan lahan untuk tapak tower dan sudah diukur salah satu provider penyedia jaringan. Tapi sampai sekarang kok nggak juga dibangun,” ujarnya. Menanggapi hal itu, Camat Sukamakmur Zaenal Ashari membenarkan saat ini di wilayahnya sulit sinyal. Bahkan untuk berkomunikasi, ia harus naik-turun ke wilayah tetangga.

“Sejauh ini, kami sudah coba mengajukan pembangunan jaringan ke beberapa provider penyedia jaringan, namun sampai sekarang belum terealisasi. Saya sendiri kalau mau berkomunikasi harus ke desa tetangga,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *