home teknologi Penggunaan internet di Indonesia

Penggunaan internet di Indonesia

Perkembangan internet di indonesia

Kemajuan teknologi informasi membawa banyak keuntungan, khususnya untuk masyarakat secara luas dimana kini teknologi dapat dinikmati oleh hampir seluruh elemen masyarakat tanpa adanya batasan dan juga kesulitan.internet
Jauh berbeda dengan dulu dimana teknologi hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki “dompet tebal”. Bayangkan di tahun 2000-2010 dulu mungkin pengguna internet di Indonesia masih bisa dihitung jari, apa lagi dengan harga nya yang cukup mahal dibandingkan dengan sekarang. Tentu ini membawa sebuah perbedaan dengan kondisi kita hari ini.

Smartphone yang dulu kita kenal bisa beharga 10-20 Jt rupiah kini bisa dinikmati hanya dengan 500 Rb rupiah. Perubahan ini tentunya membawa keuntungan bagi masyarakat. Namun tak sampai di situ kini perkembangan teknologi informasi khususnya pada sektor dunia maya, tentunya berimbas dan membawa keburuntungan bagi banyak pebisnis, khususnya Startup.
Kenapa demikian? pasalnya kian tahun pengguna Internet di Indonesia semakin meningkat, hal ini didukung oleh komitmen pemerintah dan juga pihak swasta dalam membumikan Internet di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari statistik diatas dimana peningkatan pengguna Internet di Indonesia terjadi begitu drastis selama 6 tahun ke belakang yaitu meningkat 70 Jt pengguna dalam kurun waktu 6 tahun. Dimana sebelumnya pada kurun waktu 2006 ke 2009 hanya meningkat sekitar 13 Jt pengguna dari 20 Jt di tahun 2006 menuju 33 Jt di tahun 2009.

Lantas apakah ini keberuntungan/ketidaksengajaan? atau memang sebuah proses yang dipupuk dan dilakukan dengan rencana? Jika melihat dan menelisik lebih dalam pada kebijakan pemerintah selama 11 tahun ini memang, peningkatan infrastruktur pada sektor teknologi informasi cukup gencar dilakukan. Meskipun memang Indonesia terbilang terlambat.
Hal ini dapat dilihat dari bagaimana kecepatan akses Internet di Indonesia masih terbilang begitu lambat ketimbang negara-negara tetangga yang ada di ASEAN seperti Singapura yang sudah berada jauh diatas kita dengan kecepatan akses Internet 61 mbps bahkan mampu mengalahkan negara adidaya Amerika serikat. Pasalnya kecepatan Internet di Indonesia sendiri masih bertengger pada posisi 3 terbawah dengan kecepatan akses Internet sebesar 4.1 mbps.

Bahkan kecepatan akses Internet di Indonesia kabarnya menurut pada tahun ini menjadi 3,7 mbps, memang tidak bisa kita pungkiri Indonesia memiliki keterbatasan dana dalam melakukan pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Hal ini dikarenakan alokasi dana yang lebih banyak digunakan pada sektor ekonomi keras seperti Industri dan juga pembangunan infrastruktur jalan, bandar udara, ataupun pelabuhan.
Namun sebenarnya secara garis besar Indonesia sendiri masih memiliki kelebihan dibanding beberapa negara lain, apalagi dengan kondisi luas yang jauh lebih besar ketimbang negara-negara ASEAN lainya Indonesia sebenarnya mampu melalui tantangan itu. Dengan meningkatkan jumlah pengguna Internet dalam kurung waktu 6 tahun sebesar 70 Jt pengguna merupakan sebuah prestasi sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *